Cerita kota pekanbaru riau terkini berita masyarakat melayu

Pekanbarukita.com
Tempat Review Hotel & More

Saturday, November 17, 2007

Gedung Arsip ?!!

Ini dia bangunan yang secara bentuk keseluruhan agak 'aneh' berdiri di kota pekanbaru.
Satu ialah gedung arsip arsip daerah dan satunya lagi adalah gedung kantor bersama yang berada di lingkungan kantor gubernur Riau.
Kalo kita lihat bentuk atap gedung arsip ini sangatlah unik. Melengkung panjang keatas ditopang oleh pilar yang berwarna keemasan.
Menurut saya sih agak kurang match dengan warna atap yang abu-abu. Gedung ini merupakan pengganti gedung lama yang berlokasi di tempat yang sama.
Jadi kalo kita berjalan di Jl.Jend.Sudirman pekanbaru, maka gedung ini tentunya akan sangat menarik perhatian. Yang membuat saya tertarik adalah sebuah 'monumen' ato 'tugu' yang berada di depan jalan Jend.Sudirman. Lagi-lagi kalau tak salah itu ialah tugu yang kemarin2 sempat menimbulkan polemik tentang pemberian namanya.
Yup, namanya adalah "Ismail Suko" (CMIIW). Jadi tugu itu dibuat untuk mengenang seorang tokoh dari daerah Riau.
Ketika mendengar di radio saya juga merasa kurang familiar dengan nama itu. Siapa ya beliau? Pejuang kemerdekaankah?
Ato seorang raja? Lalu setelah mencari tahu sana sini, akhirnya sayapun mendapat beberapa informasi tentang beliau.
Dulunya beliau adalah seorang calon gubernur pertama yang berasal dari riau (Putra Daerah) yang ketika menjelang penetapannya ternyata digagalkan
oleh pemerintah pusat! Jadi dahulu setiap gubernur harus atas persetujuan pusat.Nah karena kebesaran hati beliau lah pada saat itu tidak terjadi
'kekacauan' akibat intervensi ini. Kebesaran hati dan kedewasaan berpolitik seperti ini lah yang mungkin membuat tokoh ini dihormati orang banyak.
Namun secara kebetulan beliau ini jugalah yang menjadi mertua gubernur RIau Bpk.Rusli Zaenal sekarang!
Heh he he..... pastesan aja sempat terjadi polemik di sini. Pihak yang merasa bahwa beliau beluma ada jasanya untuk riau pasti akan keberatan dengan
pemberian namanya untuk sebuah tugu di pusat kota Pekanbaru. Apalagi pembangunan dan pemberian namanya terjadi dalam periode seorang gubernur yang notabene adalah menantunya sendiri. Sementara yang setuju pasti tetap ada.
Nah sekarang tugu ini belum sepenuhnya terlihat dari luar karena masih berada dalam kompleks pengerjaan gedung Arsip Pekanbaru.
Nantinya masyarakat pasti akan tahu dan mungkin baru sadar bahwa ternyata telah berdiri sebuah tugu di tempat itu.
Bagaimana pandangan masyarakat nantinya cukup menarik untuk di tunggu.
Ok ... yang penting kota pekanbaru nantinya bisa makin cantik rapi dan bertambah megah dengan selesainya kedua bangunan itu. :)

No comments:

Pekanbaru Lovers :