Cerita kota pekanbaru riau terkini berita masyarakat melayu

Pekanbarukita.com
Tempat Review Hotel & More

Saturday, January 19, 2008

PNS Pekanbaru


Sudah sebulan terakhir ini saya melihat keramaian yang luar biasa di kantor kimpraswil yang berada di jalan ahmad yani simpang jalan riau pekanbaru.
Setiap pagi sekitar pukul 7.00 akan banyak sekali para pns disana bergerombol sangat ramai.
Tanya kesana kemari akhirnya saya ketahui ternyata keramaian itu dikarenakan adanya sistem absen karyawan yang baru yang memakai sidik jari. Tetapi karena mesinnya cuma ada 1 buah, sehingga untuk menampung seluruh pns yang berada di lingkungan kimpraswil tentulah berakibat 'macet'.
Sistem dengan memakai pengenal sidik jari ini menggantikan sistem tandatangan dan cek lock yang sudah usang. Mesin ini sudah dipakai dibeberapa kantor pemerintahan di kota pekanbaru.
Tujuan pemasangannya terutama di lingkungan pegawai negeri sudah jelaslah pastinya. Kita mengetahui bersama kurangnya tingkat kedisiplinan para pegawai negara ini. Kalo dicari alasan kenapa pasti akan panjang sekali daftarnya.
Syukurlah pemerintah daerah riau sudah mulai memperbaiki keadaan ini. Bisa dilihat dari memberikan berbagai tunjangan tambahan serta insentif kepada pns di lingkungan pemprov riau. Ini agar alasan kurangnya kesejahteraan bisa diatasi. Tentunya diharapkan para pegawai itu akan lebih berdisiplin.
Tetapi sepertinya ini masih kurang kuat untuk membiasakan mereka bisa disiplin seperti umumnya pegawai swasta yang sangat terikat dengan waktu dan kewajiban menyelesaikan tugas.
Maka kalo akhirnya diterapkan sistem absen dengan sidik jari ini mudah-mudahan akan menuntun para pns tersebut untuk paling tidak bisa disiplin dengan waktu bekerja.
Walaupun (lagi-lagi) kebanyakan setelah absen akan pulang atau ngeluyur ketempat lain lalu datang lagi untuk 'gesek' saat istirahat dan mau pulang.
Sudah seharusnya mulai diterapkan sistem punishment untuk para pegawai yang tidak bisa mengikuti aturan yang sudah diterapkan.
Mari kita jadikan para pegawai dilingkungan pemerintahan kota pekenbaru ini bisa menjadi contoh yang baik untuk daerah lain. Coba bayangkan, tingkat kesejahteraan para pegawai negeri di propinsi ini sudah cukup baik dibandingkan beberapa tempat di indonesia.
Sehingga sudah menjadi keharusan ini akan diikuti oleh penyelenggaraan pelayan publik akan LEBIH BAIK LAGI.
Mudah-mudahan predikat yang pernah diberikan ke kota pekanbaru sebagai kota dengan pelayanan publik yang jelek tidak terulang dan terjadi lagi mulai sekarang sampai selamanya.
Selamat bertugas!.... jangan lupa absen :)





1 comment:

Pekanbaru On The Net said...

Saya juga pernah membahas hal ini di Skyscrapercity. Kemakmuran PNS di lingkungan Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau memang jauh di atas rata2 nasional ... Sudah sepatutnya, pelayanannya juga jauh di atas rata2 nasional.

Pekanbaru Lovers :