Cerita kota pekanbaru riau terkini berita masyarakat melayu

Pekanbarukita.com
Tempat Review Hotel & More

Wednesday, February 27, 2008

Camat Pekanbaru ?

Pagi ini sebuah sms warga pekanbaru menanyakan bagaimana mungkin pelayan masyarakat bisa prima kalau camat sering tidak berada di tempat?

Begini jawaban dari KaBag Humas Pemko Pekanbaru :
Camat memiliki 3 fungsi sebagai administrator pemerintahan, administrator pembangunan dan administrator kemasyarakatan. Sebagai administrator pemerintahan ia menjalankan tugas pemerintahan di kecamatan, adm pembangunan ia melaksanakan pembangunan di kecamatan dan adm kemasyarakatan ia harus membna masyarakat di wilayahnya. Ini ditambah lagi dengan mengurus masalah kebersihan dan penghijauan. Jadi jika di persentasekan 50% di kantor dan 50% di luar kantor.

Keluhan masyarakat seperti ini sudah menjadi berita usang sebenarnya.
Saya pernah punya pengalaman mengurus akte tanah, yang karena hanya menunggu kesempatan bertemu Pak Camat saja sampe hampir 1 bulan baru bisa berjumpa!
Luar biasa sekali kesibukan Bapak Camat kita tersebut.
Bagaimana bisa semua yang perlu pak camat tandatangani cepat selesai kalo datang ke kantor sudah jam 12 keatas. Malah kadang-kadang tidak datang sama sekali.
Saya cuma mau usul saja, bahwa sebagai seorang pemimpin yang baik, ialah seorang yang bisa membagi waktu dengan tepat. Pemimpin yang baik tidak harus selalu yang mengerjakan semuanya seorang diri. Itulah perlunya ada pemberian dan delegasi tugas yang tepat di unit yang kita pimpin. Tidak salah kalau seorang camat menghadiri berbagai acara kemasyarakatan, tetapi tentunya segala aspek keadministrasian di kantornya jangan sampai terbengkalai.
Yang sering saya lihat, pendelegasian itu tidak ada sama sekali. Semuanya harus Pak Camat sendiri yang putuskan atau teken. Kalo birokrasi seperti ini yang masih kita pertahankan terus, saya rasa kita belum bisa berubah untuk membuat birokrasi yang simple dan tepat waktu (tidak boros).
Para pemimpin yang lebih tinggi seharusnya bisa memberi contoh untuk perbaikan sistem birokrasi ini, sehingga bisa ditiru oleh jajaran di bawahnya.
Semua urasan itu penting, tapi ingat melayani masyarakat itulah tugas utama aparat pemerintahan! Jangan dipersulit, berikan yang terbaik untuk masyarakat Pekanbaru!
Ngomong-ngomong yang mana wajah camat anda?...:)

No comments:

Pekanbaru Lovers :