Cerita kota pekanbaru riau terkini berita masyarakat melayu

Pekanbarukita.com
Tempat Review Hotel & More

Friday, February 1, 2008

Internet di Pekanbaru



Tak bisa di pungkiri era internet membawa begitu banyak perubahan dalam masyarakat indonesia dan khusunya di kota pekanbaru. Kalo dulu jumlah warnet masih bisa di hitung dengan jari, maka sekarang jumlah warnet yang bertebaran di kota pekanbaru sangatlah banyak. Tidak hanya disekitar lingkungan kampus dan sekolahan saja, tetapi sudah merambah ke kawasan pemukiman dan bahkan pertokoan atau mall di kota pekanbaru.
Sekarang orang akan malu jika di katakan 'gaptek' kalo belum bisa internetan walupun cuma surfing :)
Ya mau tak mau ini kan membawa perubahan pada masyarakat pengguna internet di Pekanbaru. Nantinya pasti akan semakin banyak pemilik usaha yang akan mempromosikan dan melakukan transaksi penjualan cukup melalui jaringan internet dan order bisa dikirim kealamat ybs.
Sedikit sharing tentang keamanan .... bertransaksi di dunia maya, perlu adanya perhatian lebih untuk hal keamanan. Karena transaksi di internet biasanya menggunakan kartu kredit (CC) maka keamanan data yang kita berikan harus menjadi patokan utama.
Lalu, bagaimana kita bisa mengetahui sebuah situs itu aman untuk bertransaksi online?

1. Transaksi kita akan aman jika dilakukan melalui 'jalur aman' (ssl). Biasanya ini ditandai dengan gambar kunci gembok di bagian bawah internet browser kita dan alamatnya dimulai dengan "https".

2. Situs terpercaya AKAN SELALU menggunakan "jasa keamanan" dari pihak ketiga seperti Verisign,Thawte and Trust. Contoh toko online terkenal seperti : amazon.com,ebay dll menggunakan jasa dari pihak ketiga untuk menjamin keamanan setiap transaksi yang dilakukan oleh calon pelanggan/anggotanya di seluruh dunia! Kalo beli disini di jamin aman.

Selain itu langkah-langkah berikut untuk menghindari penyalahgunaan Kartu Kredit :

1. Jangan pernah memberikan kartu kredit Anda untuk di fotocopy orang lain.
2. Jangan sampai orang lain mencatat atau tahu data kartu kredit anda (nama di atas kartu, nomor kartu kredit, expired date dan alamat penagihan atau bahkan billing untuk kartu kredit anda dengan cara apapun). => Pastikan HANYA dan selalu anda sendiri yang tahu!
3. Jangan pernah menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi online di situs yang tidak mencantumkan logo keamanan. Contoh logo keamanan: Verisign, Thawte, Trust.

Banyak orang yang kartu kreditnya "dijebol" pada waktu transaksi online,justru karena dia tidak hati-hati menjaga kerahasiaan kartu kreditnya pada saat transaksi OFFLINE.
Misalnya, bila ada orang yang tahu data kartu kredit Anda (nama pada kartu, no kartu, dll), maka orang itu sudah BISA "berbelanja" di internet TANPA memegang kartu kredit Anda! Jadi,jangan sampai data di kartu kredit Anda ketahuan orang lain!

Kesimpulannya, kita tidak perlu takut melakukan transaksi online. Karena sebenarnya bertransaksi di internet tidaklah bahaya seperti kebanyakan orang bayangkan. Tetapi tetap harus waspada, waspada dan waspada!

3 comments:

Pekanbaru On The Net said...

Duhh, untungnya saya gak punya kartu kredit. Takut gak sanggup aja bayarnya. Kartu kredit = ngutang ... ini nih bahaya banget .... :((

Abah Oryza - Geri Sugiran AS said...

salam kenal dari lampung, saya ada ide pembentukan komunitas cyber sumatera ada usul???

Special Gift said...

buat abah...
ide yang bagus! di tunggu kelanjutannya.

Pekanbaru Lovers :