Cerita kota pekanbaru riau terkini berita masyarakat melayu

Pekanbarukita.com
Tempat Review Hotel & More

Thursday, July 24, 2008

Jurus Hemat BBM (Budak Melayu Version)


Dari sebuah harian investasi terbitan hari selasa 22/7/08 saya membaca tentang rencana investasi group besaar dari Korea Samsung untuk pengolahan minyak kelapa sawit di daerah Riau. Walaupun pernyataan resmi dari pihak Samsung belum ada secara formal, tetapi ternyata mereka telah melakukan pembelian lahan kebun kelapa sawit seluas 25.000 hektar di propinsi Riau.

Minyak kelapa sawit itu akan dipakai sebagai bahan baku untuk memproduksi minyak nabati yang nantinya akan dapat dipakai sebagai pengganti minyak solar. Melihat tingginya harga bahan bakar minyak di dunia sekarang ini, maka terobosan untuk memanfaatkan bahan bakar nabati menjadi keharusan untuk bangsa ini. Kita harapkan saja dalam waktu dekat ini akan ada pemberitaan yang lebih jelas mengenai hal itu.

Membicarakan energi alternatif untuk mengurangi konsumsi bbm yang sangat tinggi sekarang ini sangat mengemuka. Berbagai kalangan mulai mempromosikan alat ataupun metode dan bahan yang di klaim mampu menghemat ataupun sebagai pengganti bbm. Tapi saya tak akan mengomentari tentang blue energi yang sempt heboh beberapa waktu yang lalu.

Saya hanya tertarik untuk menunggu adakah terobosan dari negeri melayu kita ini dalam hal tersebut. Itu bisa saja sebuah penemuan sederhana alat penghemat bensin di mobil ato motor atau sejenis metode yang mirip. Mudah-mudahan akan ada terobosan yang kita dengar dari propinsi Riau tentang hal itu.

Kalaupun tidak ada, harapan saya hanyalah semoga kita masyarakat pekanbaru dapat menjadi ocntoh yang baik dalam menghemat pemakaian bbm secara nyata. Sehingga kota kita akan dikenal sebagai kota yang hemat dan tidak boros energi. Mari mulai dari keluarga dan diri sendiri dengan beberapa langkah kecil seperti :

  • Tidak memanaskan mesin motor/mobil terlalu lama apalagi menghidupkan mobil sembari menunggu pacar/istri/anak/orang tua :)
  • Mengurangi pemakaian listrik yang tidak perlu apalagi mencuri listrik :)
  • Membuang sampah pada tempatnya :) karena kalo sembarangan akan membuat petugas kebersihan harus berkeliling kota dengan mobil smapah sehingga terjadi pemborosan :)
  • Mandi teratur; karena kalo mandi 2 hari sekali akan memboroskan pemakaian air dan sabun
  • Makan secukupnya; karena kalo terlalu banyak ntar istri ngomel karena harus masak sampe 3 kali (pemborosan minyak/gas dan uang belanja)
  • Mengurangi kegiatan di luar rumah yang tidak perlu (terutama buat sekolahan) agar tidak mengantar jemput anak bolak balik...cape de^
  • Mengatur jadwal ketemu ama pacar secara tepat dan hemat (itung2 bisa ngurangin biaya pacaran kamu selama sebulan :) )

Kalo ada yang masih mau menambahkan monggo dipersilahkan :)




P.S : Semuanya hanya untuk kebaikan dan kesenangan bersama ....

1 comment:

bertuah said...

haaaa sama2 pekanbaru

Pekanbaru Lovers :