Cerita kota pekanbaru riau terkini berita masyarakat melayu

Pekanbarukita.com
Tempat Review Hotel & More

Tuesday, April 22, 2008

Ujian Nasional Di Pekanbaru

Akhirnya saat yang ditunggu para pelajar itupun datang juga. Ya, hari ini dimulailah ujian nasional secara serentak di seluruh indonesia termasuk pekanbaru. Kalo bicara dan membaca berita tentang ujian nasional, pastilah akan banyak sekali kaitan dan pernak-perniknya.

Sebagai salah seorang lulusan sman di pekanbaru yang "biasa-biasa saja" :), saya kog melihat begitu gencarnya berita-berita yang menggambarkan kekhawatiran yang berlebihan para siswa dan guru dalam menyambut even ini.Kenapa sih dengan UN?

Kalo jaman saya dulu sih UN belum ada. Yang ada EBTANAS. Jadi Nilai ebtanas akan menjadi nilai NEM kita. Nah dulunya NEM ini juga ikut menentukan
kelulusan kita kalau mau melanjutkan ke PT selain UMPTN. Nah kalo sekarang banyak saya dengar bahwa yang dilanda kekhawatiran bukan cuma muridnya saja. Para guru juga demikian resah dan waspada menghadapi UN. Bahkan ada berita yang saya dengar dari tetangga yang katanya, kalo sekarang para guru justru ikut "membantu" para murid dalam mengahadapi UN. Bahkan sampai memberikan bocoran dan jawaban. nah kog jadi gini ya? Biar sekolah mereka tak jelek katanya kalo banyak yang gak lulus.

Apa angka 5,5 sebagai syarat terendah untuk bisa lulus itu demikian tinggi? Apa kurilkulum yang diajarkan di daerah pekanbaru ini berbeda dengan daerah lainnya di tanah air? Atau apakah kemampuan pengajar di daerah kita ini kalah dengan daerah lain?

Seharusnya kita tak perlu terlalu cemas menghadapi itu semua. Kalo semua standar kurikulum sudah diikuti dengan benar dan targetnya tercapai, kenapa mesti takut. Para murid tingga belajar giat dan rajin saja. Kalo malas, ya tanggung sendiri akibatnya. Gak perlu lah pake bocoran-bocoran segala. Itu semuakan hanyalah sebuah angka. Lagian siapa sih yang mau dapet angak 5? Rasanya kalo dulu dapet angka 6 aja di antara teman-teman malunya sudah minta ampun :)

Saya tak tahu banyak apa yang bergeser dalam lingkungan pendidikan kita akhri-akhir ini. Pola pengajaran, kurikulum atau yang lainnya. Tapi yang pasti saya hanya berharap semoga dunia pendidikan kita khususnya di kota pekanbaru akan tetap dapat menjamin tersedianya tunas-tunas bangsa yang baru yang bukan hanya hebat di angka dan nilai di kertas saja. Tapi juga bernilai tinggi dalam akhlak dan kehidupan sosial mereka.

Selamat ujian dek!, semoga sukses..
Teriring pesan " Mau pintar... ya belajar" (iklan nyontek di tv) :)

No comments:

Pekanbaru Lovers :