Cerita kota pekanbaru riau terkini berita masyarakat melayu

Pekanbarukita.com
Tempat Review Hotel & More

Friday, May 2, 2008

Inikah Sifat Warga Pekanbaru ?


Sudah hampit tiga hari ini kota pekanbaru begitu panas sekali udara rasanya. Apalagi kalau tengah hari disaat sedang tugas ke luar kantor. Ampuun.... keringat sampe membasahi baju kerja. Saya tak tahu apakah ini salah satu dampak global warming :) yang sekarang sedang marak di bicarakan dunia. Tapi yang jelas, sebagai warga yang sudah lama tinggal di pekanbaru, kita tetap merasakan perubahan suhu yang terasa sekali di tubuh.

Di tengah panasnya cuaca siang hari apalagi di tengah jam istirahat maka sebagai mana biasa terjadi kemacetan di simpang jalan durian dan arengka I. APalagi pak polisi yang mangkal di pos dekat simpang tsb terkesan cuek
atau malah malas melihat panasnya cuaca sehingga jalanan itu dibiarkan saja.

Nah yang lebih parahnya lagi, kecenderungan sifat warga kota pekanbaru yang masih minim untuk suka memberi kesempatan kepada orang lain. Sifat ini tercermin hampir disetiap simpang atau u-turn di kota ini. Seolah-olah memberi kesempatan terlebih dahulu kepada orang lain menjadi barang yang mahal harganya.

Kalau kita mau belajar, seperti dari kota besar jakarta, yang saya rasa hampir setiap menit selalu terjadi kemacetan. Kunci utama untuk cepat selesai ialah mau bersabar dan saling memberi kesempatan kepada para pengguna jalan yang lain. Saya tidak bicara tentang moral sopir angkutan umum (sudah tahu semua pastinya) tapi lebih kepada pengemudi kendaraan pribadi.

Masa sih kita punya sifat sama dengan para sopir angkot? Apa yang salah kalo kita memberi kesempatan terlebih dahulu kepada yang lain? Toh nanti mereka juga akan memberi balik kepada kita dikesempatan yang lain. Sehingga yang terjadi adalah saling sruduk yang penting kepala kendaraan bisa masuk. Urusan orang lain belakngan saja. Coba saja perhatikan kalo kita mau melintasi persimpangan atau u-turn di sekitar jalan nangka.

Sudah juelas kita mau putar balik, kebanyakan pengemudi lain akan cuek saja memaksa tidak memberi jalan dan kesempatan dengan ikut menggeser arah mobil mereka mengitari mobil kita yang sedang putar balik. Saya tak tahu apa ini karakter orang-orang sumatera yang di picu panasnya suhu di daerah ini atau karena lain hal?

Mudah-mudahan saja kita sebagai warga kota pekanbaru yang sedang dalam tahap menuju visi 2020 akan tumbuh juga mental dan karakternya secara baik. Nantinya kota ini saya impikan akan menjadi sejuk karean para warga kota pekanbaru yang punya sifat saling memberi dijalan dan selalu tebar senyuman..... mudah-mudahan... amiieen

No comments:

Pekanbaru Lovers :