Cerita kota pekanbaru riau terkini berita masyarakat melayu

Pekanbarukita.com
Tempat Review Hotel & More

Tuesday, April 29, 2008

Cerita dari SAMSAT Pekanbaru

Kemarin siang saya membayar pajak kendaraan bermotor (KB) di kantor samsat jalan sudriman pekanbaru. Kalau tahun-tahun yang lalu setelah kita mengisi data kendaraan datinggal menunggu panggilan untuk membayar pajaknya. Tapi ada sesuatu yang baru saat saya di panggil untuk membayar pajak KB kali ini. Sewaktu saya mau membayar, pihak samsat menyuruh saya terlebih dahulu untuk membayar asuransi kecelakaan di ruangan lainnya. Sayapun bertanya : "lho dulu-dulu gak pernah mbak? saya gak tahu, apa itu wajib?"

"Semua nomer kendaraan dimulai angka 7,8,9 sekarang harus bayar
asuransi" begitu jawab petugasnya. Dengan heran sayapun pergi keloket asuransi tersebut. Loketnya sepi banget! Dan saya membayar sebesar 48.500 rupiah. Beserta selembar bukti pembayaran. Setelah itu selesai sayapun kembali keloket pembayaran pajak KB dan membayar pajak untuk tahun 2008. Saya pikir tadinya asuransi itu ialah asuransi yang tertera dalam STNK kita. Tapi ternayata itu ialah asuransi Jasa Raharja.

Saya juga heran kog tidak ada itu di sebutkan di prosedur pembayaran pajak KB kita? Apakah kantor dispenda dan samsat ada kerjasama dengan jasa raharja? Atau ada bagi-bagi komisi? Setahu saya di STNK sudah ada SWDKLL ini juga semacam asuransi kecelakaan di jalan raya. Lalu kenapa mesti harus double asuransi?

Cerita ini saya ungkapkan dengan seorang teman yang kebetulan anggota polantas yang juga di tugaskan di bagian samsat. Ia mengatakan sebenarnya itu bukan keharusan. Kalau pemilik mau ya silahkan, kalau tak mau ya ngak apa-apa...
Ya.... masih begini rupanya citra para pelayan masyarakat di kota kita pekanbaru?
Mudah-mudahan ini jangan ditiru di dinas-dinas lainnya di kota pekanbaru.
Kalau itu tidak wajib ya tolong disampaikan dengan jujur. jangan ditutupi.

1 comment:

Anonymous said...

Sepertinya itu sudah 'biasa' terjadi...
Apa benar kita bisa membayar PKB Riau di kantor Samsat manapun?
Iklannya sudah santer di RRI Pekanbaru tuh.... Suatu kemajuan buat Samsat Riau...

Pekanbaru Lovers :